Nutrisi

Pentingnya Prebiotik untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Si Kecil terlahir dilengkapi dengan sistem. Namun, sama seperti aspek lain dari tubuhnya, sistemnya membutuhkan waktu untuk berkembang terlebih dahulu sebelum sempurna selama tahun-tahun pertama kehidupannya. Sementara itu, hingga sistem mereka berkembang sepenuhnya, si Kecil cenderung rentan terhadap bakteri dan virus. Itulah mengapa penting untuk menyiapkan nutrisi yang tepat untuk si Kecil agar dapat mendukung masa-masa khusus bagi perkembangan sistemnya dan bantu tubuhnya tangani infeksi.

Tahukah Mama dan Papa, bahwa bakteri mikroskopis yang ada di sistem pencernaan si Kecil dapat mempengaruhi bagaimana sistem si Kecil bereaksi terhadap bakteri dan virus?

Ini bukanlah suatu hal yang mengejutkan, karena:

  • 70-80% sel daya tahan tubuh si Kecil terdapat pada sistem pencernaannya  bersama dengan 100 triliun bakteri pencernaan. Dikenal sebagai ‘mikrobioma’, populasi bakteri ini memiliki peran dalam menentukan bagaimana sistem si Kecil bereaksi ketika si Kecil terpapar bakteri atau terhadap virus-virus yang ada.
  • Selama masa bayi, pemberian ASI menstimulasi produksi bakteri pencernaan baik yang mendukung sistem

Efek Prebiotik pada daya tahan tubuh

ASI sangatlah bermanfaat bagi perkembangan daya tahan tubuh, karena ASI mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai ‘probiotik’ dan juga zat-zat bernutrisi yang menjadi makanan bagi probiotik, yaitu ‘prebiotik’.

Secara teknis, prebiotic adalah karbohidrat pangan yang tidak bisa dicerna yang mampu berkontribusi pada pertumbuhan bakteri baik. Berdasarkan hasil penelitian ekstensif pada si Kecil, prebiotic ini terbukti memiliki efek positif terhadap perkembangan daya tahan tubuh si Kecil.

Dari aspek nutrisi, prebiotic juga membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan magnesium yang berkontribusi pada perkembangan tulang yang sehat. Selain itu, prebiotic memberi makan bakteri pencernaan yang bertanggung jawab membentuk vitamin-vitamin esensial seperti vitamin B yang diperlukan untuk metabolism dan vitamin K yang mendukung pembekuan darah yang sehat.

Cara melengkapi prebiotik dalam asupan si Kecil

Sumber nutrisi terpenting bagi perkembangan daya tahan tubuh si Kecil adalah ASI. Selain keberadaan antibodi dan komponen penting lainnya, prebiotik yang terdapat pada ASI sangatlah penting untuk daya tahan tubuh si Kecil. Karena inilah pemberian ASI secara ekslusif sangat direkomendasikan sampai si Kecil berusia 6 bulan. Ketika si Kecil berusia 6 bulan, Mama dapat mulai memperkenalkan MPASI untuk melengkapi asupan gizi yang seimbang.

Selain itu, pemberian ASI dapat dilanjutkan hingga si Kecil berusia 2 tahun. Mama jangan lupa konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui kebutuhan   nutrisi si Kecil.